Monday, October 8, 2012

Pengantar Ilmu Sosial Dasar

Pengantar Ilmu Sosial Dasar

Mata kuliah softskill mungkin bisa dibilang mata kuliah yang menghemat kertas. Secara, materi mata kuliah ini dibagikan melalui StudentSite masing-masing mahasiswa dan tugasnya dikerjakan melalui blog. Jenis mata kuliah ini secara tidak langsung mengajak mahasiswa untuk dapat menuangkan pikirannya dalam sebuah tulisan dan lebih mengenal teknologi internet, terutama blog. Untuk semester 1 ini, mata kuliah softskill yang akan lebih kita bicarakan adalah Ilmu Sosial Dasar.

Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar merupakan ilmu pengetahuan mandiri yang tidak termasuk penggabungan ilmu sosial lainnya. Ilmu ini mempelajari tentang hubungan timbal balik antar manusia dengan lingkungannya. Titik fokus dari ilmu ini adalah kenyataan sosial. Karena itulah kita akan mendapat pengetahuan umum mengenai ketanggapan, kepekaan, penalaran dalam menghadapi lingkup sosial saat mempelajari Ilmu sosial dasar.

Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar:

· Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat  dan kebudayaan.
· Masalah individu, keluarga, masyarakat.
· Masalah pemuda dan sosialisasi.
· Masalah hubungan antar warga dan Negara.
· Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
· Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
· Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
· Pemanfaatan IPTEK bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Berkehidupan, Bermasyarakat dan Berpendidikan Umum

Dengan adanya mata kuliah ilmu sosial dasar, kemungkinan mahasiswa menjadi lebih peka terhadap lingkup sosial di sekitarnya. Banyak mahasiswa yang sekarang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah daripada bersosialisasi di luar rumah. Padahal pelajaran hidup yang paling baik adalah dengan cara sosialisasi.
Penting sekali untuk mempelajari Ilmu Sosial Dasar agar mahasiswa sadar. Sehingga pengetahuan mahasiswa tidak hanya sebatas bidang yang dipelajari mahasiswa dapat mengkondisikan diri dalam masyarakat. Dan terciptalah masyarakat yang nyaman dan tentram.

Ilmu Sosial Dasar sebagai Alternatif Pemecah Masalah Sosial Budaya

Masalah sosial budaya pada umumnya merupakan keseluruhan sistem yang dijalani oleh masyarakat. Beragamnya karakteristik tiap orang dapat menimbulkan persamaan dan perbedaan yang pada akhirnya akan terbentuk blok-blok yang berbeda. Hidaup berkelompok-kelompok merupakan salah satu masalah sosial budaya.
Dengan mendalami Ilmu Sosial Dasar, kita akan peka dengan lingkungan kita sehingga masalah sosial budaya tersebut dapat terpecahkan. Pada intinya komunikasi dan rasa peduli sekitar merupakan kunci untuk terhindar dari masalah sosial budaya.

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar

Pada bidang Ilmu Sosial Dasar, kita lebih diajak untuk bermasyarakat, peka terhadap lingkungan, pandai bersosialisasi dan dapat menempatkan diri kita sesuai kondisi yang sedang berlangsung. Dan pastinya kita akan memperoleh wawasan pemikiran yang luas.
Sedangkan untuk Ilmu Budaya Dasar, kepribadian kitalah yang lebih dilihat. Dengan itu kita harus memiliki pribadi yang disukai masyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada lingkungan tempat kita berada. Sehingga kita memiliki wawasan pemikiran yang kritis tentang masalah budaya.
Kesimpulannya, ISD lebih mempelajari tentang cara kita bersosialisasi menghadapi masalah sosial dan IBD lebih ke cara kita membentuk pribadi kita sesuai budaya yang ada.

No comments:

Post a Comment